Sabtu, 08 Oktober 2011

Coban Tengah


Intermezzo
Coban Tengah merupakan Coban yang terletak di atas Coban Rondo dan di bawah Coban Manten. Coban ini menawarkan tantangan yang dapat memacu adrenalin kita. Untuk menuju Coban tengah ini dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat, karena selain medannya yang banyak sekali semak belukar, kita juga akan menyebrangi sungai sebanyak 6 kali. Saya dan rekan-rekan BX4 mengunjungi Coban Tengah disaat Kota Batu mengalami musim hujan. Jadi, bisa ditebak arus sungai menjadi semakin deras dan meluap sampai ke permukaan. Tapi semua itu takkan menyurutkan kami untuk menemukan Coban Tengah atau biasa disebut penduduk Coban Dudo ini.

Bersama 3 rekan BX4


Bagaimana Cara Kesana?

Untuk menuju Coban Tengah, kami masih memakai jalur menuju Coban Manten yaitu lewat jalur sebelah basillitas atau hotel Coban Rondo milik PT. PERHANI. Disini, kita trekking selama 15 menit sampai pada akhirnya menemukan 2 rumah milik badan perkebunan setempat. Terdapat pertigaan di dekat rumah tersebut, Jalur kiri menuju Coban Manten dan Jalur Kanan menuju Coban Tengah. Kita ambil jalur kanan terus dan trekking selama 30 menit menuju pipa biru-kuning. Pipa biru-kuning merupakan pipa yang menyalurkan air menuju ke tempat penyimpanan air pujon di kompleks Coban Rondo. Dari Pipa ini kita mengambil jalur bawah, dari sini kita akan trekking menuju coban tengah selama 45 menit dan menyebrangi sungai sebanyak 6 kali. Perhatian! Tetaplah pada jalur! jika sudah di akhir jalur, lihatlah seberang sungai! apakah ada jalur yang dapat dilalui? jika ada sebrangilah sungai tersebut!. Selama 45 menit anda berjibaku dengan Semak Belukar dan Sungai, Anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa. Selamat! anda menemukan Coban Duda alias Coban Tengah!.

Tips:
  • Jangan Ke Coban waktu musim hujan. Walaupun menawarkan pemandangan yang indah akan tetapi akan membuat medan semakin susah. (not recommended for beginner)
  • Jangan Buang Sampah Sembarangan!
  • Berpeganglah pada prinsip Leave no Trace
  • Berkelompoklah dalam perjalanan ke Coban Tengah
  • Nikmatilah tantangan di sepanjang jalan menuju Coban Tengah
  • Jangan Sungkan bertanya pada penduduk sekitar tentang jalur menuju Coban Tengah


Gallery:

Pipa Biru-Kuning

Tempat penyimpanan air

Jalur Menuju Coban Tengah

Tidak ada komentar: